Tips Cara Merawat Tubuh Setelah Melahirkan

Cara merawat tubuh setelah melahirkan menjadi tugas penting bagi seorang wanita yang baru saja melahirkan. Sebab, pasca melahirkan bentuk tubuh bisa berubah menjadi gemuk dan penampilan yang kurang menarik. Seperti timbulnya berbagai masalah kulit, flek hitam, jerawat, serta rambut rontok. Inilah yang dikhawatirkan oleh kebanyakan ibu pasca menjalani proses persalinan. Selain untuk diri sendiri, mengetahui cara merawat tubuh setelah melahirkan bisa membuat suami semakin mencintai Anda.Tips Cara Merawat Tubuh Setelah Melahirkan

Merawat tubuh setelah melahirkan berfungsi untuk mengembalikan bentuk tubuh ideal dan bermanfaat untuk mengatasi permasalahan kesehatan yang mungkin timbul pasca melahirkan. Mulai dari ujung rambut hingga kaki, semuanya harus mendapat perawatan khusus. Untuk melakukannya, Anda tidak harus pergi ke salon dan mengeluarkan biaya mahal. Berikut ini ialah cara merawat tubuh setelah melahirkan yang bisa Anda lakukan di rumah tanpa melalaikan tugas utama sebagai ibu baru untuk bayi Anda.

Tips Perawatan Tubuh Pasca Melahirkan

  • Olahraga

Olahraga dapat membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Disela-sela kesibuhan Anda mengurus si kecil, sempatkanlah untuk melakukan olahraga seperti senam ringan, vilates, dan yoga. Anda juga bisa melakukan senam kegel, untukĀ  menjaga bentuk tubuh tetap ideal, menjaga bentuk panggul, dan merampingkan perut buncit.

  • Mengatur pola makan

Kegemukan yang dialami oleh wanita pasca melahirkan dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk pengaruh hormonal dan pola makan yang berantakan. Untuk itu, sebaiknya atur pola makan yang sehat dan bernutrisi setiap hari, agar tubuh tetap sehat dan produksi ASI tidak terganggu. Perbanyak makan sayur dan buah, terutama yang banyak mengandung vitamin C, E, dan kolagen. Sebab, vitamin C dan E sangat berguna untuk meregenerasi sel dan jaringan kulit yang rusak/mati. Sedangkan kolagen untuk mengembalikan elastisitas kulit yang kendor pasca persalinan. Contohnya adalah buah apel, kiwi, dan brokoli.

  • Minum jamu tradisional

Cara merawat tubuh setelah melahirkan yang paling identik dengan budaya indonesia khususnya orang jawa adalah dengan minum jamu tradisional. Jamu-jamu yang diracik dari bahan-bahan alami seperti kunyit, temu, dan lain-lain ini memiliki banyak sekali manfaat, mulai dari melangsingkan tubuh, mengencangkan kulit, memperlancar produksi ASI, dan meningkatkan stamina pasca melahirkan.

  • Perbanyak minum air putih

Air putih bisa berperan sebagai pelarut lemak berlebih dalam tubuh. Selain itu, konsumsi air putih yang cukup akan melancarkan produksi ASI, menjaga kelembapan dan kesehatan kulit.

  • Memakai lulur

Lulur dapat digunakan pada pagi dan sore hari untuk merawat kesehatan kulit. Baik itu lulur alami atau lulur modern dalam kemasan, sama-sama memiliki manfaat yang baik untuk kulit. Hanya saja, lulur yang dibuat dari bahan-bahan alami seperti bengkuang dan lidah buaya, dicampur dengan kapur sirih dan minyak kayu putih akan lebih baik digunakan oleh wanita setelah melahirkan. Sebab, semua bahan itu dipercaya dapat membuat kulit lebih kencang dan elastis, juga menyamarkan strech marks di area perut dan paha.

  • Memakai gurita/stagen

Setelah melahirkan, perut menjadi kendur dan bergelambir. Cara untuk mengembalikannya ke bentuk semula bisa dengan menggunakan gurita/stagen. Tetapi disarankan untuk menggunakan stagen model lama yang berupa kain tenunan panjang dan diikatkan ke seluruh bagian perut dan pinggang, bukan korset praktis yang berbahan elastis seperti banyak dijual di pasaran.

Baca juga: Menu Makanan Diet Sehat Untuk Ibu Menyusui

  • Relaksasi

Relaksasi bisa membuat badan kembali fit dan menenangkan pikiran yang suntuk akibat terlalu lelah mengurus bayi. Lakukan spa/mandi uap, dengan wewangian aromatherapy disertai dengan pijatan-pijatan lembut di area perut, paha, dan tumit. Hal ini juga bermanfaat untuk mengembalikan elastisitas dan kelenturan kulit.

  • Perawatan kaki

Setelah melahirkan, kaki bisa saja berubah menjadi bengkak. Merawat kaki dengan cara memberi pijatan lembut menggunakan minyak essensial dapat segera mengembalikannya ke bentuk ideal. Selain itu, lakukan juga perawatan terhadap kuku, baik tangan maupun kaki agar selalu terlihat cantik dan terawat.

Demikian cara merawat tubuh setelah melahirkan yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat.

Tags: cara langsing setelah punya anak ibu menyusui