Tips Cara Merawat Tubuh Setelah Melahirkan

  • Memakai lulur

Lulur dapat digunakan pada pagi dan sore hari untuk merawat kesehatan kulit. Baik itu lulur alami atau lulur modern dalam kemasan, sama-sama memiliki manfaat yang baik untuk kulit. Hanya saja, lulur yang dibuat dari bahan-bahan alami seperti bengkuang dan lidah buaya, dicampur dengan kapur sirih dan minyak kayu putih akan lebih baik digunakan oleh wanita setelah melahirkan. Sebab, semua bahan itu dipercaya dapat membuat kulit lebih kencang dan elastis, juga menyamarkan strech marks di area perut dan paha.

  • Memakai gurita/stagen

Setelah melahirkan, perut menjadi kendur dan bergelambir. Cara untuk mengembalikannya ke bentuk semula bisa dengan menggunakan gurita/stagen. Tetapi disarankan untuk menggunakan stagen model lama yang berupa kain tenunan panjang dan diikatkan ke seluruh bagian perut dan pinggang, bukan korset praktis yang berbahan elastis seperti banyak dijual di pasaran.

Baca juga: Menu Makanan Diet Sehat Untuk Ibu Menyusui

  • Relaksasi

Relaksasi bisa membuat badan kembali fit dan menenangkan pikiran yang suntuk akibat terlalu lelah mengurus bayi. Lakukan spa/mandi uap, dengan wewangian aromatherapy disertai dengan pijatan-pijatan lembut di area perut, paha, dan tumit. Hal ini juga bermanfaat untuk mengembalikan elastisitas dan kelenturan kulit.

  • Perawatan kaki

Setelah melahirkan, kaki bisa saja berubah menjadi bengkak. Merawat kaki dengan cara memberi pijatan lembut menggunakan minyak essensial dapat segera mengembalikannya ke bentuk ideal. Selain itu, lakukan juga perawatan terhadap kuku, baik tangan maupun kaki agar selalu terlihat cantik dan terawat.

Demikian cara merawat tubuh setelah melahirkan yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat.

Tags: cara langsing setelah punya anak ibu menyusui