4 Tips Menjaga Kehamilan Muda Menghindari Keguguran

Tips menjaga kehamilan muda menghindari keguguran adalah hal penting yang harus diketahui oleh semua calon ibu dan ayah. Setelah tanda-tanda awal kehamilan dirasakan dan Anda dinyatakan positif hamil, berarti ada satu kehidupan baru di dalam tubuh Anda yang harus benar-benar dijaga hingga ia lahir ke dunia. Usia kehamilan muda merupakan usia rawan dan paling rentan mengalami gangguan kesehatan, baik untuk calon ibu maupun bayi di dalam kandungannya.Tips menjaga kehamilan muda

Pada awal kehamilan, risiko terjadi keguguran pada janin lebih tinggi bahkan bisa mencapai 40%. Karena itulah menjaga kehamilan muda harus ekstra hati-hati agar terhindar dari keguguran. Selain itu, pada trimester pertama kehamilan juga sedang berlangsung proses pembentukan berbagai organ yang akan menentukan perkembangan janin selanjutnya. Risiko kelahiran prematur atau cacat janin mungkin saja terjadi apabila tidak menjaga kehamilan muda dengan baik. Untuk menghindari semua itu, ada baiknya bila kita mengetahui tips merawat kehamilan muda berikut ini.

Tips menjaga kehamilan muda

  • Jaga asupan nutrisi

Di awal kehamilan, janin membutuhkan banyak asupan nutrisi yang penting untuk perkembangannya. Meski tak jarang saat hamil muda ibu mengalami banyak perubahan, seperti penurunan nafsu makan, morning sickness, atau mual dan ingin muntah bila makan atau mencium bau makanan tertentu. Ibu hamil yang mengalami hal ini harus bisa mensiasati agar asupan nutrisi untuk bayinya tetap dapat terpenuhi. Jika kebutuhan nutrisi bayi terpenuhi, maka risiko keguguran juga akan berkurang. Pada trimester pertama kehamilan, sebaiknya hindari konsumsi kafein berlebihan dan makanan-makanan instan yang mengandung pengawet.

  • Hindari aktifitas berat

Hamil muda membuat tubuh mudah lelah, bisa jadi karena tubuh yang sedang melakukan penyesuaian terhadap kehamilan yang sedang terjadi. Untuk itu, hindari melakukan aktifitas fisik berat yang menguras tenaga sehingga bisa membuat ibu hamil kelelahan bahkan pingsan. Lebih baik kerjakan aktifitas-aktifitas yang ringan dan terjadwal. Selain itu, luangkan waktu istirahat yang cukup sehingga bisa menghindari stres akibat pekerjaan dan tubuh ibu hamil selalu bugar.

  • Kelola emosi

Tips menjaga kehamilan muda untuk menghindari keguguran berikutnya adalah ibu hamil harus mampu mengelola emosi agar tidak stres. Sebab, masa-masa hamil muda ini emosi cenderung tidak stabil dan cepat berubah-ubah karena pengaruh hormon di dalam tubuh yang tidak seimbang. Terlebih bagi ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit hipertensi sebelumnya, maka stres yang dialami bisa sangat membahayakan diri dan janinnya.

  • Selalu konsultasi dengan dokter

Di awal kehamilan, terlebih pada kehamilan pertama tentu masih sulit untuk membedakan perubahan normal dan abnormal yang terjadi pada kehamilan. Karena itu, ibu hamil muda wajib berkonsultasi dengan dokter atau bidan apabila mengalami keluhan dan hal-hal yang tidak biasa terjadi, seperti pusing berat, mual/muntah yang berlebihan, demam tinggi, pendarahan, atau keputihan yang tidak normal. Bisa jadi itu adalah tanda bahaya untuk kehamilan Anda.

Beberapa tips menjaga kehamilan muda untuk menghindari keguguran seperti di atas harus benar-benar dijalani agar kehamilan Anda selalu sehat dan tidak mengalami masalah hingga waktu melahirkan tiba.

Tags: gangguan kehamilan kesehatan ibu hamil makanan sehat tanda bahaya