4 Tips Menjaga Kehamilan Muda Menghindari Keguguran

  • Kelola emosi

Tips menjaga kehamilan muda untuk menghindari keguguran berikutnya adalah ibu hamil harus mampu mengelola emosi agar tidak stres. Sebab, masa-masa hamil muda ini emosi cenderung tidak stabil dan cepat berubah-ubah karena pengaruh hormon di dalam tubuh yang tidak seimbang. Terlebih bagi ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit hipertensi sebelumnya, maka stres yang dialami bisa sangat membahayakan diri dan janinnya.

  • Selalu konsultasi dengan dokter

Di awal kehamilan, terlebih pada kehamilan pertama tentu masih sulit untuk membedakan perubahan normal dan abnormal yang terjadi pada kehamilan. Karena itu, ibu hamil muda wajib berkonsultasi dengan dokter atau bidan apabila mengalami keluhan dan hal-hal yang tidak biasa terjadi, seperti pusing berat, mual/muntah yang berlebihan, demam tinggi, pendarahan, atau keputihan yang tidak normal. Bisa jadi itu adalah tanda bahaya untuk kehamilan Anda.

Beberapa tips menjaga kehamilan muda untuk menghindari keguguran seperti di atas harus benar-benar dijalani agar kehamilan Anda selalu sehat dan tidak mengalami masalah hingga waktu melahirkan tiba.

Tags: gangguan kehamilan kesehatan ibu hamil makanan sehat tanda bahaya