Tips Menyusui Saat Hamil agar Aman Bagi Kandungan

Menyusui saat hamil mungkin bukan keinginan Bunda. Akan tetapi karena keadaan, terkadang kondisi ini bisa saja terjadi. Jika Anda bertanya-tanya apakah menyusui dalam keadaan hamil aman atau tidak? Berikut ini penjelasan lengkapnya!menyusui saat hamil

Menyusui dalam kondisi Anda sedang hamil sebenarnya boleh-boleh saja. Jadi tak perlu ragu ketika akan memberi susu pada si kecil sementara Anda sedang mengandung lagi. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kondisi kandungan tetap aman ketika Anda menyusui. Sebab tentu nutrisi yang Anda dapatkan akan terbagi dengan si kecil dan adiknya yang masih ada dalam kandungan.

Jika kita memperhatikan prioritas, tentu bayi yang masih ada dalam kandungan harus mendapat perhatian lebih. Setelah itu, baru anak yang masih menyusu dan sang Ibu itu sendiri. Jika Anda masih khawatir ketika akan memberikan susu pada kondisi hamil, berikut beberapa tips yang penting untuk diperhatikan.

Cara menyusui dalam kondisi hamil

Konsumsi makanan bergizi tinggi

Anda harus memenuhi asupan gizi bagi Anda sendiri, anak yang menyusu dan bayi di dalam kandungan. Jadi sangat penting untuk memperhatikan apa yang Anda makan agar kebutuhan gizi bisa tercukupi. Anda harus meningkatkan gizi makanan menjadi 3 kali lipat tentunya. Hal ini bertujuan agar produksi ASI selama Anda hamil bisa tetap baik. Menyusui saat hamil memang tidak mudah, jadi tingkatkan gizi pada makanan yang Anda konsumsi.

Banyak minum air putih

Semua orang harus cukup minum air putih. Apalagi Anda yang menyusui dalam keadaan hamil. Air putih yang Anda konsumsi bermanfaat untuk tubuh dalam memenuhi cairan. Air putih juga berguna untuk melancarkan metabolisme dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Jangan sampai Anda mengalami dehidrasi ketika sedang hamil, apalagi sambil menyusui. Sebab dehidrasi bisa berbahaya bagi kondisi kandungan dan akan membuat produksi ASI berkurang. Minumlah banyak air agar kondisi tubuh tetap bugar dan produksi ASI selalu lancar.

Jangan terlalu sering menggendong bayi

Mungkin bayi Anda masih terlalu kecil ketika Anda hamil. Jika ia belum bisa bermain sendiri, lebih baik cari orang lain untuk menemaninya bermain. Jangan sampai Anda kelelahan karena harus sering menggendongnya. Kelelahan ketika sedang hamil bisa cukup berbahaya bagi kandungan.

Rutin periksa kandungan

Ketika menyusui saat hamil, lebih baik rutinlah memeriksakan kandungan pada dokter kandungan. Apalagi bila usia anak Anda belum memasuki 2 tahun. Mungkin kondisi Anda belum benar-benar pulih akibat melahirkan sebelumnya.

Konsultasi dengan dokter

Ini jika Anda memiliki riwayat keguguran sangat penting. Ketika hamil dalam kondisi menyusui, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter lebih intensif. Dokter akan memberikan saran bagi Anda agar tetap sehat meskipun hamil sambil menyusui si kecil.

Melakukan dua pekerjaan sekaligus memang tidak mudah. Tapi tak perlu khawatir, Anda bisa menyusui saat hamil asalkan mengikuti saran di atas.

Tags: ciri orang hamil keluarga berencana kesehatan ibu hamil