Vitamin untuk Ibu Hamil yang Sangat Penting

Vitamin untuk Ibu hamil harus dipenuhi karena sangat penting untuk perkembangan janin. Sebab pada masa kehamilan, kesehatan sang Ibu sangat berpengaruh terhadap kondisi janin yang dikandung. Oleh karena itu, Anda harus bisa memenuhi kebutuhan vitamin agar bayi dalam kandungan bisa tumbuh dan berkembang secara optimal.vitamin untuk ibu hamil

Nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil meliputi karbohidrat, protein, lemak, mineral, air dan vitamin. Karena tubuh tidak dapat menghasilkan vitamin sendiri, maka kebutuhan vitamin ini harus didapatkan dari luar, yaitu makanan. Anda harus selalu mengonsumsi makanan sehat untuk Ibu hamil sehingga kondisi kehamilan selalu terjaga. Tubuh juga membutuhkan vitamin untuk membantu proses metabolisme di dalam tubuh. Jadi sangat penting memastikan wanita yang sedang hamil kebuthan vitaminnya tercukupi.

Vitamin yang penting untuk kehamilan

Vitamin A

Vitamin A memiliki peranan yang sangat penting, apalagi pada kehamilan trimester pertama. Ini karena vitamin A dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh saat hamil. Lebih dari itu, konsumsi vitamin A secara rutin juga akan meningkatkan kesehatan tubuh. Makanan yang mengandung vitamin A bisa didapat dari sayur berwarna hijau dan orange, susu, hati ayam.

Vitamin B

Vitamin B juga merupakan vitamin untuk Ibu hamil yang harus dipenuhi karena sangat penting. Vitamin B terdiri dari beberapa jenis dan masing-masing memiliki fungsi yang amat penting untuk Ibu yang mengandung. Ini dia jenis vitamin B dan pernanannya bagi kehamilan.

  • Vitamin B1: Dikenal dengan sebutan tiamin, ia memiliki peranan dalam mengurangi gejala morning sickness sehingga rasa mual dan muntah bisa dikurangi. Selain itu, tiamin  juga dapat memperlancar sistem pencernaan. Pada trimester akhir kehamilan, konsumsilah makanan yang banyak mengandung vitamin B1 karena dapat memperlancar produksi ASI. Anda bisa memperoleh vitamin B1 dari makanan seperti kacang-kacang dan gandum.
  • Vitamin B2: Riboflavin merupakan istilah yang melekat untuk menyebut vitamin B2. Riboflavin  ini berperan dalam perkembangan janin pada minggu pertama kehamilan. Vitamin B2 juga membantu mengurai makanan yang dikonsumsi menjadi sari makanan yang diperlukan oleh janin selama dalam kandungan. Anda bisa mengonsumsi keju, susu, brokoli, jamur, telur dan sayuran hijau karena mengandung vitamin B2 yang cukup baik.
  • Vitamin B3: Vitamin B3 merupakan vitamin untuk ibu hamil yang juga memiliki peranan penting. Vitamin B3 membantu pembentukan sel otak pada awal kehamilan serta mengurangi rasa mual dan muntah. Vitamin B3 banyak terdapat pada gandum, hati, sayuran hijau, kacang tanah, susu.
  • Vitamin B5: Vitamin B5 akan membantu memelihara sel darah merah pada saat hamil. Ibu yang sedang mengandung disarankan untuk mengonsumsi ayam, alpukat, semangka dan ikan sarden untuk mencukupi kebutuhan vitamin B5.
  • Vitamin B6: Disebut dengan istilah pridoksin  yang dibutuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh selama masa kehamilan. Konsumsi gandum, ikan, susu, kacang kedelai untuk mencukupi kebutuhan vitamin B6.
  • Vitamin B12: Vitamin B12 akan membantu pembentukan sistem saraf pusat pada janin. Makanan dengan sumber vitamin B12 antara lain telur, susu, rumput laut, daging sapi.

Vitamin C

Vitamin C sangat diperlukan dalam kehamilan karena dapat membantu penyerapan zat besi. Zat besi dapat mencegah anemia pada Ibu hamil agar tetap sehat dan prima. Dengan mengonsumsi makanan yang kaya kandungan zat besi dibarengi konsumsi vitamin C, maka penyerapan zat besi akan lebih optimal. Vitamin C bisa didapat dari buah yang baik untuk Ibu hamil seperti jeruk, apel dan lainnya.

Vitamin D

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D juga sangat penting dalam kehamilan. Vitamin D dapat berperan  dalam mengurangi resiko hipertensi dan diabetes pada Ibu hamil. Selainitu, vitamin D juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh sang bayi ketika lahir nanti.

Vitamin E

Vitamin E juga tak kalah penting dalam masa kehamilan. Vitamin E dapat melindungi  asam lemak yang dibutuhkan janin. Selain itu juga dapat menjaga kualitas sel kulit ibu akibat peregangan janin.

Vitamin K

Tak jauh beda dengan peranan vitamin E, vitamin K dapat melindungi asam lemak yang dibutuhkan janin. Selain itu, vitamin K juga akan membantu pembentukan darah pada Ibu ketika sedang hamil.

Anda harus selalu menjaga kesehatan ketika hamil. Konsumsi makanan bergizi sangat penting untuk memperoleh vitamin untuk ibu hamil yang sangat penting tersebut.

Tags: kesehatan ibu hamil makanan sehat nama vitamin untuk ibu hamil